Mencari Posisi Wenak

Yak… menginjak 5bln kehamilan ini, perut suda semakin melendung. Jelas yg paling kerasa pengaruhnya pada posisi tidur dan pinggang yg kaku. Mo tengkurep, kynya jd mirip jungkat jungkit anak TK. Kasian si adek jg klo smp kecepit ddlm perut.πŸ˜€ Mo telentang, g smp 10mnt napas suda ngos2an. Akhirnya cm bs miring kiri, belok kanan. Itupun harus dganjal bantal sedemikian rupa. Dapet posisi wenak buatku jg trnyata blm tntu wenak buat si adek dlm perut. G jarang ketika mata suda kriyep2 ngantuk, tiba2 ada yg jedug2 dr dlm. Mski mulai trbiasa sm tendangan si adek, tp tetep aja msh suka kaget. Skli dua kli nendang dibiarin aja,,emaknya g betah ngantuk. Eeeh…lha koq terusan nendangnya. Kynya ada yg g nyaman dlm sana. Okelah,,pindah posisi lg, smbl perutnya dielus2, mbujuk si adek biar ikutan tidur. Kadang brhasil, tp kadang jg tetep dtendang. Hehehe….

Cerita dikit ttg ‘tendangan si adek’. Dirasain sejak usia 16w. Mulanya ngrasain smacam “blukutuk” dlm perut. Smpt bingung,,apakah bnr si adek nendang ato emaknya yg kelaperan??πŸ˜† cari2 info n sharing sm tmn2 sesama bumil, n smkin lama smkin berasa lah gerakan2 itu. Frekuensi munculnya bnrn tak terduga. Kadang klo aku laper *apakah si adek jg laper???*, ato pas aku lg kecapekan, ato bs jg muncul pas lg leyeh2 nonton tipi. Si mas smpt penasaran, tp tiap kli aku ngrasain gerakan, trs gnti tangan si mas yg dtaruh d perut, si adek lsg diem tuh. Dan aku msh hrs coba belajar frekuensi gerakan paling aktifnya. Skrg suda 20w lebih, gerakannya suda semakin kerasa lg. Suda g malu2 lg sm tangan ayahnya. Aku jg suda mulai hafal kebiasaan n waktu paling dia aktif. Dimulai pagi hari,,nendang2 ky mo bangunin gt. Trs agak siang menjelang sarapan,,heboh lg. Kenyang,,diem deh… Jam 2-3, saatnya makan siang, goyang lg. Saat nonton tipi malem, lsg heboh klo ayahnya lupa “ritual”. Iyah, kebiasaan si mas emg sll elus2 n bisik2 ke adek,,apa aja diomongin. dan trakhir pas mo tidur malem. Selalu dan tak lupa pasti goyang2 dlu. Wekekek… Sehat2 trs ya,naaak… *smooch*

Balik lagi ke posisi tidur, dr buku2 yg aku baca

Setelah kehamilan 16w sebaiknya ibu hamil TIDAK tidur dengan posisi telentang. Karena pada posisi telentang, ibu akan meletakkan seluruh berat rahim danbayi pada bagian belakang perut yang menekan vena cava inferior, saraf ,dan usus. Tidur pada akhir kehamilan juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir, gangguanpencernaan, gangguan pernapasan dan sirkulasi, sehingga bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala.

Belum ada penelitian khusus tentang bagaimana posisi tidur yang aman untuk wanita hamil. tetapi, ibuhamil setelah kehamila16w sebaiknya tidur dengan posisi miring ke sisi kiri,karena posisi ini memberi keuntungan bagi bayi n ibunya.

Keuntungan posisi tidur miring ke sisi kiri:

  • memaksimalkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke plasenta dan bayi
  • Membantu ginjal membuang sisa produk dancairan dr tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.
  • mengurangi gangguan pencernaan seperti sembelit dan rasa tak enak di perut.
  • Membuat sirkulasi darah mengalir lancar ke seluruh tubuh sehingga mengurangi keluhan lainnya

Tidur posisi miring ke sisi kanan juga baik. Boleh lah gantian posisi miring kiri-kanan untuk membuat tidur lbh nyaman..

pic from here

Bila terbangun malam dalam posisi telentang,jangan panik n kuatir. Qta tidak melakukan sesuatu yg akan mencelakai si bayi. Kembali aja ke posisi miring. Selain itu, untuk membantu tidur dng posisi miring ke kiri yg lebih nyaman,qta bs menggunakan bantal utk menyokong tubuh. Letakkan 1 atau 2 bantal diantara lutut (bs pake guling), dan letakkan satu bantal kecil di bagian bawah perut utk menyokong perut yg membesar.πŸ™‚

About teecha

Virgo. Maika's #1 fan. Wife. Extraordinary woman wannabe
This entry was posted in pregnancy and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Mencari Posisi Wenak

  1. tika says:

    tp dr semua posisi, sampe skrng aku masih nyaman sama terlentang, tik..
    emang sih bikin susah napas, tapi cuma posisi itu yang bikin aku nyaman. tidur setengah terdudukπŸ˜›

  2. dhita says:

    idem sama tika yg comment di atas, aku juga masih nyaman telentang, blm bikin susah nafas juga. lagian klo miring terus kok aku pegel ya? hahaha…
    aku sih udh tanya2 sama temenku yg abis melahirkan. dulu dia dikasih tau dokternya sebaiknya emang berganti2 posisi klo tidur. jadi kitanya juga ga pegel.

    • teecha says:

      terus2an miring emg bikin pegel. makanya miringnya kiri-kanan-kiri-kanan. hihihi…
      yg pntg qta nyaman aja deh…πŸ™‚

  3. loveablerocha says:

    Haluu.. Lil baby! Udah bisa nendang ya? So sweet yah mbak..

  4. Aini says:

    Aaaah… tidur miring ke kiri memang PW deh…πŸ˜†
    Tapi klo skarang aku miring ke kiri dalam jangka waktu lama, malah jadi pegel2 ngilu bgt. Akhirnya suka gusrak2 ke kiri-kanan dulu… bahkan baru dapet PW pas tidurnya telentang (memang aneh sihπŸ˜› )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s