Making glass

sound

As i said before… waktu nemenin si mas ngurusin pengiriman patung kaca dari glass manufacture ke jkt, aku sibuk touring utk ngliat proses pembuatan gelas2 kaca. Termasuk vas bunga, gelas, berbagai macam bentuk botol dan hiasan2 dari kaca lainnya.

Aku rasa semuanya suda pada tau proses pembuatan kaca dari tayangan di tipi ato media cetak. Tapi yaaa…. Ngliat langsung proses pembuatannya tetep aja bikin aku terlongo2. Boook… tungku peleburan bijih kacanya panas bangeet… 5000° C. Aku yg nonton dr jarak 3 meter dari tungku, masih aja berasa panasnya. Apalagi mas2 yg kerja dstu yaah.. Yg tiap hari terpapar panas dr tungku. Bad news-nya, mereka g pake APD (Alat Perlindungan Diri) sama skli. How terrible😦

Photo 0222

liat bagemana membaranya si tungku

Tungku itu g boleh mati, soalnya klo suhunya turun, bijih kaca yg suda dilebur jadi mirip gulali bs beku dan nantinya akan susah dibentuk2. Utk membentuknya,ada semacam pipa yg dimasukkan dlm tungku utk mengambil adonan kacanya. Trs tinggal dibentuk2 sesuai selera.

Segampang itukah?? tentu tidak! Klo bikin vas, adonan kaca yg panas membara itu dtiup smp tengahnya menggelembung. Dan yg bikin mahal adalah kreatifitas sang pengrajin. Jadi g cuma polosan gt, ada yg dibentuk meliuk2, ada yg dtambah topping (emg makanan??!!) pake adonan kaca yg dililitkan. Macem2 deeh… Klo suda terbentuk sesuai yg diinginkan, msh harus dbakar lg biar lbh keras dan hasilnya kinclong. Kemudian melalui proses pewarnaan deeh… Ato klo mo tetep bening khas kaca jg gpp.

gelas

So, jgn kaget klo vas bunga ato hiasan dr kaca harganya mahal. Kreatifitas dan resikonya boook…. Trmasuk yg di order oleh Pluit Mall. Patung kaca diameternya 1,5mtr dng motif padi. Menurut si mas, si pengrajin hrs bolak balik bikinnya. Soalnya bikin segitu gedenya tuh g gampang. Kudu sabar dan telaten.🙂

patung

About teecha

Virgo. Maika's #1 fan. Wife. Extraordinary woman wannabe
This entry was posted in inform and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Making glass

  1. agung w says:

    Ini mbak mau tanya nich, itu perajin kaca tempatnya dimana ya??
    Bisa minta tolong kasih tahu alamatnya gak ???

  2. kalau pembuatan di jakarta ada nga. tolong infonya penting sekali.

  3. Mbak…
    saya tertarik dengan proses ini…
    saya sedang menyusun 2 buah websites yang satu untuk jualan.. dan yang satu lagi untuk shopping tour dimana calon client bisa liat produksinya…
    kebetulan saya berada di bali…
    apabisa saya dikasi tau dimana tempat produksi nya ? sehingga saya bisa mampir kesana ?
    tolong di bantu…

  4. Erin says:

    Halo,
    terima kasih atas infonya. Kalau boleh tau, alamat di ubud dimananya ya?
    Link yang anda kasih , setelah saya buka, memberitahukan bahwa alamatnya ada di Sanur.
    Kalau tidak keberatan, boleh kirim ke email saya, serta keterangan singkat mengenai tempat tersebut.

    Terima kasih banyak yah mba🙂

Leave a Reply

