Rosella Ungu

Akhir2 ini aku jd sering mengkonsumsi teh rosella ungu. Sebenernya si mas duluan yg seneng minum teh rosella, tp yg merah. Dulunya aku jg pernah minum yg merah seeh…tp kmrn waktu jln2 (dinas,lbh tepatnya) ke Ngawi dan mampir ke toko oleh2, aku liat ada teh rosella ungu. Tertariklah aku membelinya. Tapi belinya yg kemasan paling kecil, 25gr seharga 7K IDR (sedikit lbh mahal dr yg merah ya..). Trs dbagi dua, yg separuh dbawa ke kantor, yg separuh lagi ditinggal di kosan. Pertama kali nyoba,,weeeh….lebih asem dr rosella merah. Smp nambah gula 1sendok teh lagi. Padahal klo pake rosella merah cm pake 2sendok teh ajja. Tapi klo dtaruh kulkas dan diminum dlm keadaan dingin,,,segeeeer….

Hasil dr googling ttg rosella, nemu bnyk bgt inform ttg teh merah ato teh mekah ato teh yaman ato skrg jd teh ungu. Trmasuk yg ngiklan dan nyales jualan rosella kering. Hihihi…. Dan intinya adalah

Rosella Ungu (Hibiscus Sabdariffa L) adalah jenis rosella kualitas terbaik dan banyak diminati krn mengandung kalsium, vitamin C, D, B1, B2, magnesium, Omega3, beta-carotene dan 18 asam amino essensial untuk tubuh dianataranya lysine dan agrinine. Kandungan vitamin C yang ada 3kali lipat lbh banyak dari anggur hitam, 9kali lipat dari jeruk sitrus dan 10kali lipat dari buah belimbing. Pantes, asem bangeet…

Khasiat Rosella:

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, kadar gula dalam darah, asam urat,dll
  • Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal
  • Mengobati batuk, panas dalam, ambeien
  • mencegah kanker
  • menambah vitalitas dan menyehatkan jantung
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membatu kesehatan mata
  • Sebagai pengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang
  • mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan
  • Mencerahkan kulit
  • mencegah penuaan dini (anti aging)
  • Bagi anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan otak, karena mengandung Omega-3 dan memacu pertumbuhan DHA

Cara penyajian

Ambil 3 ato 5 kuntum bunga rosella, sebaiknya dicuci dahulu. Trs seduh dng satu gelas air panas. Diamkan beberapa menit smp warna dan aroma khas rosella muncul. Kemudian dtambah gula ato madu menurut selera deeeh…. lebih seger lagi klo diminum dingin, jd habis dseduh dng air panas dan dtambah gula, diamkan sebentar smp uap panasnya ilang, br deh masukin kulkas. Klo diminum siang2, hummm…… syegarnya…. Oia, utk penderita maag, sebaiknya minumnya setelah makan ya. Soalnya asem banget. Salah2, mlh bikin perut melilit. Hehehe….

Namun ada satu pertanyaan yg mengganjal dlm pikiranku: Kenapa disebut teh rosella ato teh merah ato teh ungu padahal tanaman ini g ada hubungannya sama skli dng teh yg sebenernya??

About teecha

Virgo. Maika's #1 fan. Wife. Extraordinary woman wannabe
This entry was posted in inform, misc and tagged , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Rosella Ungu

  1. teatin says:

    Itulah orang Indo say…..
    Semua tanaman yang bisa diseduh dan diminum di samadengankan TEH! Huhuhuhu….ex. ada yang bilang teh daun jati belanda…what???? Teh kah itu…bukan to…
    Btw aku addict banget lo sama yang namanya teh (teh asli lo…bukan teh bunga rosella, etc..hihihi). Kalo yang rosella merah aku pernah minum soale dirumah aku tanam cuma untuk yang ungu niy belum…di Sbya ada ga ya??

  2. teecha says:

    @ teatin
    Itulah makanya,,,aku jg bingung krn smkin bnyk teh yg bukn teh sbnrnya. Hehhe…
    Aku jg prefer teh drpd kupi. Tapi masku tuh coffeholic, makanya skrg ni sdg aku berusaha bikin si mas bralih ke teh rosella aja drpd kupi.😆
    Kmrn waktu googling,,bnyk koq yg mnawarkan bibit rosella, trmasuk yg ungu. Coba aja. Ntar klo suda panen,,au dikirimin yaa…😉

  3. Anis says:

    Aku juga seminggu ini nyobain teh rosella yg warna merah itu aku beli tggal seduh en secara aku suka asem ya aku tenggak langsung but…cami-ku ogah olala nyobain secara dia gak yg asem2 jeruk ajah gak doyan payah gak siy;(.

  4. kang asep says:

    dimana saya bisa dapatkan teh rosella ungu ?
    kalau mau ikutan bisnis boleh dong kita pasarin di batam , kayanya khasiatnya bagus neh, berapa se kg nya ya ?

  5. agus says:

    saya menjual sirup rosella,langsung minum, dan teh rosella.Hub 08386821069

Leave a Reply

