Migren

Akhir2 ini aku sering banget mengalami migren. Sebenernya bukan penyakit baru buatku. Dari dulu aku suda sering migren. Klo trlalu lama trpapar panas matahari. Makanya,,aku g bisa banget klo dsuruh kerja lapangan. Bisa2 mlh ngrepotin yg lainnya.😦 Saking seringnya,sampe apal tanda2 menjelang dpt migren. Begitu penglihatanku jd berkunang2 dan gelisah…g sampe 30 menit..pasti si migren dateng. Klo suda bgtu,,aku cuma bs diem. Doing nothing. Dan penanganannya,,bed rest!! Tanpa ada suara, tanpa ada cahaya. G biasa minum obat klo g mengganggu bgt. Palg2 minum kupi aja. Itu juga klo perutku suda terisi makanan. Klo belum,,jgn harap deeh…

Dan entah apa yg salah sama metabolisme tubuhku,,,sekarang ini…sedikit saja aku kecapekan,,pasti langsung migren. Sakitnya ampun2an. Sampe keringat dingin dan mual2. Benar2 mengganggu aktifitasku. Terus lagi,,migrenku itu menyerang hanya pada satu sisi,,yaitu sisi sebelah kanan. Hiks… Si mas juga jd semakin sering ngomel karena khawatir sm keadaanku. Mama nyuruh ke dokter langsung. Tapi emg dasar aku bandel,,mnunda2 trs agenda ke dokter. Selain emang blm ada waktu (sok sbk bgt,yah!!!), aku juga trll chicky utk pergi ke dokter. Aku takut akan hasil diagnosa dokter. Lebih tepatnya…takut mnghadapi kenyataan ttg penyakitku. (kata si mas,,ketakutanku sm skli g beralasan). Hadduh… :-l

Sebagai pengobat hati,,,biar aku sedikit tenang,,aku browsing segala sesuatu yg berhubungan dng migren. Banyaaaak bgt info yang aku dapatkan. Tapi ada artikel yg “kena” bgt sm aku.

Migren merupakan suatu kondisi yang khronis dan kumat kumatan. Sebagian besar serangan migren juga disertai dengan sakit kepala yang lain. Sakit kepala migren sering digambarkan sebagai sebuah sakit kepala yang hebat, berdenyut dan menyerang kepala pada satu sisi. Kadang kadang sakit dirasakan di dahi, sekitar mata dan dibelakang kepala sehingga mengaburkan gejala dengan sakit kepala yang lain. Walau sebagian besar migren menyerang pada satu sisi kepala, namun sering juga dijumpai gejala migren pada kedua sisi kepala. Sisi kepala yang terserang migren pun sering bergantian pada setiap kali serangan. Hati hati bila sisi kepala yang terserang selalu sama, kemungkinan lain adalah terjadinya suatu tumor otak. Penderita migren sering tersiksa dalam melakukan aktifitas sehari hari terutama saat serangan terjadi. Gejala lain yang menyertai migren antara lain, mual, muntah, diare, wajah pucat, kaki tangan dingin, serta penderita akan sensitif terhadap cahaya dan suara. Akibat terjadinya peningkatan sensitifitas terhadap cahaya dan suara maka penderita migren harus berbaring di ruangan yang sepi dan gelap. Serangan migren biasanya akan mereda dalam 4 sampai 72 jam.

Sekitar 40%-60% dari serangan migren akan diawali oleh apa yang dinamakan gejala pendahuluan. Gejala ini antara lain berupa gangguan tidur, gelisah, kelelahan, depresi, keinginan untuk menyantap makanan manis dan asin. Gejala awal ini biasanya sudah bisa dipahami oleh keluarga penderita sebagai suatu gejala pendahuluan sebelum terjadinya serangan migren.

Sekitar 20% dari serangan migren akan disertai dengan aura. Biasanya aura ini akan muncul mendahului sakit kepala, namun tidak sedikit pula yang munculnya bersamaan dengan sakit kepala. Aura yang paling sering muncul adalah 1) Munculnya cahaya berwarna yang berkedip membentuk pola zigzag yang muncul mulai dari tengah tengah lapang pandang yang selanjutnya mengarah ke bagian luar. 2) Sebuah lubang (scotoma) pada lapang pandang, yang sering juga disebut bintik buta. Beberapa orang yang sudah sangat sering terserang migren, hanya akan merasakan munculnya aura tanpa terserang sakit kepala. Aura – aura yang lain, rasa seperti tertusuk ujung jarum pada tangan dan sekitar mulut, halusinasi suara, dan rasa kecap/bau yang berkurang.

Komplikasi migren biasanya disertai oleh gangguan saraf. Bagian tubuh yang terkena gangguan saraf akan menggambarkan bagian otak yang bertanggung jawab terhadap munculnya migren. Sekitar 24 jam setelah serangan migren, pasien akan merasakan kehabisan tenaga dan masih merasakan sakit kepala dalam derajat ringan.

(sumber http://www.blogdokter.net/2008/01/11/sakit-kepala-migren-1/)

Hiks…. Kalimat yg sengaja aku bikin “bold” itu yg bikin aku lsg “deg!!”. Emang belum beralasan klo aku suda mulai mikir yg aneh2 sebelum aku tau sendiri apa yg trjadi sebenernya dng badanku ini. Kayanya aku hrs bener2 bs straight trhdp agendaku check up ke dokter.

About teecha

Virgo. Maika's #1 fan. Wife. Extraordinary woman wannabe
This entry was posted in misc and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s