Maika’s first solid food

Uhhmm…. sebelumnya mo bikin pengakuan dlu deh… Maika emg blm genap 6 bln waktu makan. Cm kurang 4hr koooq… Alasannya? Krn waktu hari minggu kmrn,pas si ayah ada di rumah. Om2nya jg pas lg ngumpul drmh. Klo nunggu resminya 6 bln yg jatuh pas hari Jum’at mggu dpn,,si ayah n om2 g bisa ikutan Maika makan.🙂

Alasan lainnya adalah…
Waktu H-6, Maika aku ajak main krmh tante yg kebetulan punya anak hampir sebaya sm Maika. Beda 2bln,lbh tua dia (berarti uda hampir 8bln). Nah, waktu qta main krumahnya, si anak tante itu lg makan. Menunya nasi tim+wortel+kaldu ceker. Dan seperti biasa,,Maika lsg heboh pgn ngrebut mangkok makannya. Trs sm si tante,,iseng dkasih dikiiit bgt, sepucuk sendok aja. Lha koq anaknya kecap2 kesenengan dan minta lagi. Haddeeh…. Lsg ta larang deh.. Si tante nyuruh aku kasih makan k Maika skrg, toh cm kurg berapa hari. Tp aku smh tetep g mau. Malemnya,,ada sepupu2 dateng krmh. Kebetulan ada slh 1 sepupu kecil yg makan snack Momo*i di dekat Maika. Dgrawuk2 lah sm dia. Trs ada secuil yg kna d tangannya lsg dijilat. Hiyaah… Lsg ta cuciin tangannya.

Akhirnya di hari minggu yg cerah, aku spontan tnya k si mas, gmn klo Maika dkasih makan sekarang. Si mas n tentunya kung-uti lsg setuju. Baiklah.. Colong start dluan. Smbl bismillah smoga tak trjadi apa2.

Makanan prtamanya,,jelas the famous Tepung Gasol Beras Merah Wangi. Bikinnya pake acara deg2an lhoo… Pdhl cm bikin bubur gt aja msti bolak balik liat catetan. Hehe..
Sesuai instruksi, masukin 20gr tepung gasol, campur air (nah,,ini aku kira2 aja. paling pake 1/2 gelas ato 50ml aja). Trs dipanasin smbl diaduk2 smp mengental. Smbl nunggu dingin,,aku perah ASIku utk dcampurin k buburnya. 20cc aja.
Bgtu dcampurin,,aku smpt kaget lhoo… Bubur yg awalnya kental-padat gt,,bgtu dcampur ASI lsg jd semi cair. Hiyak!! Bagemana inih??!! Pdhl ASInya cm sedikit. Dcoba dlu wes.

Alhamdulillah Maika excited sm acara makan pertamanya. Sendok blm nyampe,,dia suda mangap2 dluan. Tp yg lbh excited adalah para penontonnya (baca: ayah,kung,om2nya). Masuk sesendok,,mereka tepuk tangan. Yg di-tepuk tangan-i jd ketawa nyengir dan jadinya bubur yg ada dlm mulut ikut meler kluar. Hooohh…. *elapkeringet* Blm lg acara poto2nya.🙂 Awalnya aku yg nyuapin, tp lama2 uti yg turun tangan. Ambil selendang jarik,,lsg dsuapin smbl jalan2. Aku pikir,,gpp wes utk prtama2. Tp selanjutnya harus dbiasain makan smbl duduk.

Alhamdulillah, dia bs habisin makanannya. Cm nyisa dikit bgt. Dan oh ya,,aku pikir stlh kenyang makan, nyusu nya jd brkurang. Trnyata gak lhoo… Bgtu dia selesai makan, bersih2 trs main sbntr, g smp 1/2 jam uda mulai ngroweng tanda ngantuk. Nyoba ta biarin d kasur dw. Eeh.. mlh usrek. Dsodorin gentong,,lsg hap,,nyusu dan tak lama lsg sirep. Hoalah,naak…

Eh,,ini dia wajah setelah makan

Maem yg pinter ya,naak… Biar sehat n cepet besar. *kecup*

Posted in baby | Tagged , , , , | 7 Comments

Sunday Morning

Hari minggu pagi,,tumben semua bolo kurowo bs kumpul. Mski minus si Caca “Lasiana”😆

Utinya Maika ikutan senam, Mas Abin sibuk maenan gelembung sabun, Maika enak sirep di gendongan BabyBjorn-nya,,yg lain…ngerumpi wess….😀

Pake acara “makan bersama” nasi jagung iwak klotok (aka.ikan asin). Sebenernya makanan biasa aja, tp jd g biasa klo makannya d pendopo tengah alun2 smbl lesehan n pulukan (makan pake tangan). Hehehe…

Eh,,sempet ktmu Albar boi lg jalan2 jg,,tp sayang g smpt putu2.😦

Watta wonderful sunday…😀

Posted in family, relax | Tagged , , | 3 Comments

Kenapa harus 6 bulan?

Pertanyaan macam itu yg sering aku dapatkan ketika orang2 tau bahwa Maika blm jg dkasih makanan padat mski umurnya suda 5bln. Maklum laah.. tinggal d kota kecil dng orang2 yg awam dng istilah kesehatan modern. Klo suda djelasin satu,,ntar ngejar lg prtanyaan selanjutnya. Tp intinya tetep aja,,heran dng aturan2 yg aku berlakukan k Maika. Mlh ada yg nganggep “teori” aja. Bukan cuma soal MPASI,,mulai dr tradisi ngrawat anak masa lalu smp mslh ASI pun msh dpermasalahkan. Alhamdulillah dng background akademis-ku dan access gampang k “dunia luar aka. internet”,,sedikit2 bs lah jelasin k orang itu. Tentunya dng bahasa awam jg.

Contoh:

Q: Kenapa blm dkasih makan? Klo nunggu 6 bulan,,keburu susah makannya?

A: Sapa bilang nanti susah makan? Skrg aja tiap liat orang makan dia sll mangap2. Brarti klo makan bnrn,,g susah khan?

Q: Yo makanya ndang dkasih makan. Kasian. Suda gede suda tmbh lapar. ASInya g cukup..

A: Bayangin. Knp bayi sebaiknya lair pas 9bln. Pdhl 7bln jg uda bs lair. Itu krn bayi 9bln,,organ2nya pas utk dilahirkan. Klo lair 7bln,,mski bs lair selamat n sehat,, tp tetep aja msh ada yg hrs extra dperhatikan. Sama ky bayi yg dksh makan 6bln. Itu krn organ perut bayi lbh pas dkasih makanan. Klo dr umur 4bln suda dsuapin,,ya emg gpp. Tp organnya blm pas aja. Dan dr mana tau klo ASInya g cukup? Pipisnya banyak koq… Klo masih nangis,,khan bukan brarti msh lapar. Sapa tau dia emg lg pgn dgendong ato kepanasan.

Q: Pake bubur instan ae. enak, praktis.

A: No,,maika akan makan masakan rumah. Orang dewasa aja g bagus makan instan sering2. Apalagi bayi.

Q: Ah,,tapi anakku dkasih makanan instan dr umur 4bln smp skrg sehat2 ae.

A: Ya monggo buat anakmu. Tp gak buat anakku.😀

Case closed! 🙂

Ada satu hal yg perlu diketahui bersama bahwa jaman terus berubah. Demikian juga dengan ilmu & teknologi. Ilmu medis juga terus berkembang dan berubah berdasarkan riset2 yg terus dilakukan oleh para peneliti. Dulu memang MPASI disarankan diperkenalkan pada anak saat ia berusia 4 bl. Tetapi kemudian beberapa penelitian tahun2 terakhir menghasilkan banyak hal sehingga MPASI sebaiknya diberikan >6bl.

Alasannya?

  • Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif. Belum lagi penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya.
  • Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bl.
  • Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
  • Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini.

Tidak ada untungnya memberikan makanan pengganti ASI sebelum enam bulan – selain kelebihan berat badan yang tidak perlu. Malahan, bisa jadi MPASI tersebut memicu alergi pada bayi, gangguan pencernaan, atau obesitas.

(sumber: http://asuh.wikia.com/wiki/ASI_eksklusif)

Sebenarnya, semua kembali pada orang tua masing2. It’s your right. Anak jg anakmu..😛 Mo dkasih makan sejak usia brp aja n makanan apa aja,,monggo lah…

Klo maika? Jelas akan mulai ber MPASI sejak usia 6bln. Dan Insya Allah akan makan home-made baby food. No gula-garam. Menu n peralatan suda siap. Tinggal nunggu hari H aja. Maika yg pinter maemnya ya,cantik… :-*

Posted in baby | Tagged , , , | 12 Comments

Belajar yuuuk…

Ssssttt…. jangan berisik yaa…
Ada anak bayi lg belajar niiy….😀

Posted in baby | Tagged , , , | Leave a comment

My Joy

Photo Albums at WiddlyTinks.com
Photo Tinks by WiddlyTinks.com

Posted in baby, luv | Tagged , , , | 4 Comments